Tugas Psikologi

Posted by Rosy | Posted in

Klien : tok tok tok...
Konselor : Mari silakan masuk
Klien : Iya terima kasih
Konselor : Silakan duduk. Ini dengan adik siapa?
Klien : Saya.... mb
Konselor : Adik kok terlihat sedih, ada yang bisa saya bantu dik?
Klien : Iya ni mb, saya lagi punya masalah. Saya ingin mencari solusi untuk masalah saya.
Konselor : oh ya.. silakan adik bercerita nanti saya akan membantu memberikan alternatif solusi dan saya berjanji akan menjaga rahasia mengenai masalah yang adik ceritakan nanti.
Klien : iya mb, terima kasih. Begini mb sekarang saya duduk di kelas 11 SMA semester 2. Prestasi belajar saya semakin hari semakin menurun, apalagi sekarang sudah hampir memasuki kenaikan kelas. Saya takut jika penurunan prestasi ini berlanjut sampai di kelas 12 nanti dan saya hanya bisa lulus dengan nilai yang pas pas an. Padahal saya juga sudah ikut bimbingan belajar seminggu dua kali. Saya harus gimana ya mb?
Konselor : Bagus, berarti adik sudah berusaha mengatasi masalah adik.
Klien : iya . tapi ternyata itu tidak menyelesaikan masalah. Saya kasihan terhadap orang tua jika saya terus seperti ini. Mereka sudah selalu memberikan pengertian terhadap saya. Saya minta apa mereka selalu mengusahakan. Saya dapat nilai jelek mereka gak pernah marah tapi terus memotivasi saya agar lebih giat lagi belajar. Begitu besar perhatian mereka kepada saya tapi yang saya sedihkan saya tidak bisa membalas dengan prestasi yang baik.
Konselor : O begitu
Klien : dulu waktu saya SMP saya selalu bisa meraih peringkat 3 besar bahkan sampai kelulusan pun saya bisa meraih peringkat 3 paralel. Betapa senang saat itu bisa sedikit membuat orang tua bahagia. Tapi kenapa sekarang gak bisa lagi? (klien terlihat sedih)
Konselor : iya coba-coba tenangkan diri adik dulu biar ceritanya lebih nyaman. Kalau boleh tau sejak kapan adik merasa prestasinya menurun?
Klien : Sejak masuk SMA saya merasa selalu kurang paham di hampir setiap pelajaran sehingga nilai ulangan akhir semester saya selalu jelek, padahal saya udah belajar lho mb.
Konselor : klo pelajaran kesukaan selama SMA ini ada kan?
Klien : iya ada. Saya suka biologi
Konselor : bagus itu, sukanya kenapa?
Klien : jadi tau tentang mahluk-mahluk hidup yang ada di bumi ini dan bisa mengetahui proses-proses yang terjadi di tubuh, trus gurunya asik juga.
Konselor : Nilai biologi adik gimana?
Klien : ya agak lumayan sih, tapi yang lain kan jelek jadi tetep aja keseluruhannya jadi gak bagus.
Konselor : Kalau dengan pelajaran yang lain gimana?
Klien : saya masih susah memahami, tapi saya juga nggak tau kenapa
Konselor : Adik udah coba sering latihan soal?
Klien : Nah itu dia mb, saya kadang-kadang udah merasa jelas dengan materinya tapi kalau ngrjain soal gak bisa
Konselor : Oh, jadi gitu. Adik ini kurang bisa memahami pelajaran karena adik belum mencintai pelajaran itu dan kurang dalam latihan.
Klien : oh, iya ya mb
Konselor : Kalau masalahnya gitu berarti adik ini sekarang harus mulai bisa mencintai pelajaran itu, seperti biologi. Coba adik cari- cari hal- hal menarik di setiap pelajaran. Misalnya matematika bisa membantu biologi dalam bab tertentu, bahasa jawa membuat kita mengerti tentang unggah-ungguh basa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adik bisa memberi contoh yang lain?
Klien : iya. Kalau agama bisa meningkatkan iman dan taqwa ya..
Konselor : nah bagus, seperti itu dik. Selain itu adik juga harus banyak-banyak latihan soal. Kalau belum bisa jangan menyerah. Terus mencoba nanti kalau tetap belum bisa, adik bisa bertanya dengan guru di sekolah atau dengan guru les adik.
Klien : Terus cara belajar yang baik buat saya itu gimana ya mb,
Konselor : Ada beberapa alternatif dik,nanti adik bisa memilih salah satu yang paling cocok buat adik
1. Adik harus lebih memusatkan konsentrasi saat belajar. Jangan memikirkan hal-hal yang bukan pelajaran di waktu belajar. Kalau perlu blajar di tempat yang sepi atau pilih waktu di pagi hari. Dengan demikian adik akan lebih bisa memusatkan pelajaran tapi awal-awalnya adik harus berusaha keras buat memulainya. Kaarena untuk memulainya memang agak sulit.
2. Adik bisa belajar teratur, sedikit tapi sering. Dengan demikian akan lebih banyak materi yang terserap tapi adik harus berusaha untuk konsisten lo.
3. Belajar bareng temen. Pilih temen dekat yang bisa ngajari adik. Kalau dengan teman akrab siapa tau akan lebih cepat paham. Tapi kalau belajar dengn teman harus bisa mengendalikan diri agar tetap belajar. Jangan melenceng dari tujuan awal.
Gimana adik pilih yang mana?
Klien : emmm... saya milih yang ketiga aja mb, sepertinya saya cocok dengan yang itu.
Konselor : Bagus. Kalau begitu segera adik tentukan siapa teman yang mau diajak belajar bareng, kapan , dimana, dan apa yang mau dibahas. Segera dimulai ya.... jangan ditunda lagi.
Klien : iya mb.
Konselor : O iy jangan lupa rajin ibadah dan berbakti pada orang tua. Itu juga membantu meningkatkan hasil belajar lo.
Klien : Iy mb saya akan berusaha
Konselor : nah jadi adik tadi masalah belajar karena belum mencintai pelajaran itu dan kurang dalam latihan sudah punya solusi dengan belajar bareng teman ya,
Klien : iya mb. Terima kasih lo
Konselor : iya. Nanti kalau adik perlu konseling lagi, adik bisa datang kesini seminggu atau dua minggu lagi. Atau adik bisa menghubungi nomr telepon ini. Atau kalau kurang puas adik juga bisa berkonseling dengan teman saya.
Klien : ya mb
Konselor : saya juga mengucapkan terima kasih pada adik atas kunjungan dan kepercayaannya.
Klien : iya mb. Saya sekali lagi juga terima kasih. Saya permisi dulu ya mb
Konselor : iya silakan

Comments (0)

Posting Komentar

This is my blog